27 Januari 2010


ON-SERVICE II KKG Program BERMUTU
Tgl. 2 s/d 5 Januari 2010 di Balai Budidaya Laut Lombok (BBLL)
----------------------------------------------------------------------
    Drs. Haji Rasyid - Dikpora Lobar menyampaikan materi Pengelolaan Kelas Sabtu, 2-1-2010)
  Kegiatan On-Service II KKG Program BERMUTU telah dilaksanakan pada tgl. 2 s/d 5 Januari 2010 di Balai Budidaya Laut Lombok (BBLL) dengan jumlah peserta yang aktif 37 orang.
  Materi kegiatan ini adalah Pelaksanaan Tindakan, Analisis dan Interpretasi Data, Refleksi dan Rencana Tindakan  serta ICT. Disamping materi pokok itu, diberikan juga materi tambahan yang mendukung materi pokok, yaitu Cara Pengelolaan Kelas dan Pembelajaran PAIKEM. Narasumber yang bisa dilibatkan adalah dari unsur LPTK (Drs. Khairudin, M.Eng) untuk materi Refleksi dan Tindak Lanjut, PCT (Drs. Akh. Hidayat, M.Pd ) untuk materi   Analisis dan Interpretasi Data, DCT (Hj. Sukiani, S.Pd) untuk Mater PAIKEM), ICT oleh H. M. Darwilan Rifa'i, S.Pd dari Dikpora Lobar. Pengelolaan Kelas oleh Bapak Drs. H. Rasyid  dari Dikpora Lobar. Materi Pelaksanaan Tindakan dipandu oleh Hazmi, S.Pd.SD beserta Guru Pemandu dimana pada saat itu seorang guru sebagai guru model (Mujtahidin) mengadakan proses belajar di kelas VI dengan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Selanjutnya setelah dikumpulkan data dari para observer maka diadakan diskusi membahas kelebihan dan kekurangan dari pelaksanaan tindakan guru dimaksud.  Selama kegiatan diskusi para peserta nampak lebih jelas terhadap arah dari kegiatan KKG Program BERMUTU, yaitu menuju perbaikan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan kegiatan Guru Model sebagai akhir dari Materi Generik PTK. Sebagai pendamping  peserta  menangani kesulitan  dalam memahami materi, dibentuk Tim Guru Pemandu yang telah dilatih oleh LPMP untuk itu sebanyak empat orang (Syamsul Efendi,  S.Pd, Muslihin, A.Md, Zulkfli, S.Pd, M.Akwan, S.Pd). Kegiatan On-Service III dan IV dengan materi Kajian Bidang Ilmu untuk mengarah  pada penyusunan Proposal PTK. Semoga dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Mohon dukungan semua pihak !
Album Kegiatan On-Service II.

 
H. M. Darwilan Rifa'i, S.Pd sedang persiapan materi ICT

      Latihan ICT oleh H. M. Darwilan , S.Pd (sabtu, 2/1/2010)

 Drs. Akh. Hidayat, M.Pd (PCT) mendengar keluhan  seorang peserta yang masih kesulitan dalam memahami materi Analisis dan Interpetasi Data.


Drs. Khairudin, M.Eng dari LPTK Unram menyampaikan materi Refleksi dan Tindaklanjut (Selasa, 4/1/2010).


Walaupun telah siang, peserta masih serius terima materi Refleksi dari Bapak Khairuddin, M.Eng.



Peserta Putripun tidak kalah semangatnya (Ibu Sri dan  Ibu Titik ).



Peserta lagi Diskusi Kelompok menyusun rumusan masalah 
(dari kiri ke kanan : Rukiah, Muji, Muhsan dan Sahlan)

Sama seriusnya









Tidak ada komentar: